30 April 2010

Jadi Fotografer Amatir di Hari pernikahan Cak Wiryo





Beberapa hari yang lalu, saya sempat menghadiri acara pernikahan dari teman saya sekantor, bukan itu saja. saya terus terang membantu untuk medokumentasikan acara tersebut untuk itu aku siapkan camera dan sekaligus handycam agar lebih hidup dokumentasinya, karena terus terang temanku berasal dari Jember dan meminang seorang gadis Banyuwangi. hal ini ada sedikit perbedaan dari segi perjalanan adat dari acara pernikahannya. tapi sebenarnya seh hanya satu saja yang diminta adalah ke Sah-annya dari ijab pernikahan tersebut.

Tetapi karena sejak awal ada ketidak sesuaikan akan adat perjalannnya akhirnya ada yang sempat mengganjal dari hal tersebut. Tapi untungnya dari keduabelah pihak khususnya orang tua akhirnya bisa saling menyadari hal tersebut.
Dan hingga acara resepsi pada malam hari berjalan dengan lancar-lancar saja. Semua orang tua dari kedua belah pihak sangat suka dan seneng sekali karena temanku yaitu pengantin pria adalah anak terakhir dan istrinya adalah anak satu satunya. Jadinya acara sangat meriah dan juga dimeriahkan oleh Orkes Melayu(dangdut)..

Maka dari itu menurut saya adat adalah suatu bagian dari ritual yang intinya sangat/harus kita ikuti bersama, asalkan kita tetap mengerti apa makna dari acara tersebut.

Dan selamat menempuh hidup baru.
.

BERSEPEDA Bersama DC2

Lokasi di pinggir pantai Blimbing sari - Rogojampi

Lokasi Desa Selogoro -kalipuro

Lokasi perkebunan kopi Kalipuro

Jembatan batas Desa Selogiri - Kalipuro
Bersama P.Wayan(baju kuning), P.Bambang(belakang), Slamet(yg nonkrong)
Saya sendiri(berdiri depan sepeda)


Hallo, sahabat blogger, sory aku lama absen di dunia blog (dublog).
harap maklum lah.. pertama karena sibuk kerjaku karena ada kerjaan yg dobel kontrol.
ya moga aja bisa teratasi... kedua aku baru-baru ini memiliki komunitas baru yaitu komunitas sepeda ya hampir mirip komunitas jalan-jalan. karena sakben minggu pagi kita rame-rame bersepeda mengelilingi kota Banyuwangi hingga ke pedesaan. jadinya aku selalu mengikuti temen-teman biar tetap semangat. pernah ke desa Selogiri/kalipuro yang dari kota kurang lebih 30 km melewati ketapang (depan penyeberangan kapal fery Bali) hingga ke perkebunan kopi. dan turun lagi ke kota.

Dan setiap minggu kita memilik route-2 tertentu yang harus di bahas untuk bisa dilewati, dari medan terjal, makadam, jalan aspal.. dsb.

hanya satu yg ingin di bahas lebih yaitu Route nyebrang ke Bali, karena terus terang di Gilimanuk-Bali ini cukup minim medan pedesaan. Rencana ini untuk minggu besok 01 mei 2010, moga jadi dengan route nyebrang ke Bali.

ya kangen seh untuk bisa tulis-tulis lagi karena menulis adalah sebagian curhat atau bisa dijadikan memory atau kenangan terindah dari diri atau bisa di publikasikan kalo memang curhat/memonya tidak bersifat rahasia.

Moga aja sahabat blogger bisa memahami tentang hal ini.

untuk kenangan terindah.
yang mau ikutan,,, monggoooo
.

27 April 2010

Tips perawatan sepeda Gunung

Bersepeda akan terasa nyaman jika sepeda yang kita kendarai selalu dalam kondisi bagus, bagaimana merawat sepeda gunung MTB agar selalu dalam performa maximum. Salah satu cara adalah dengan
selalu mencucinya, mencuci sepeda gunung akan membuat sepeda bersih
dari kotoran yang mengganggu kinerja dan performa optimal sepeda gunung
kita.

Berikut merupakan Tips dan Trik untuk merawat sepeda gunung dengan cara mencuci sepeda MTB dengan
benar, tips dan trik ini memberikan teknik membersihkan MTB mulai dari
sadel hingga sistem pengereman. Keseluruhan proses dapat di lakukan
tidak kurang dari 35 – 40 menit.

Berikut langkah-langkah mencuci sepeda MTB dengan baik dan benar :
1. Lepas semua aksesoris yang berada di handle bar (stang), misal :
bel, lampu, spidometer dll. Jika anda menggunakan V brakes lepas kabel
penghubungnya dengan menekan kedua sisi calipers. Teknik melepas kabel
v brakes ini berlaku juga jika anda menggunakan V brakes pada roda
belakang.

2. Putar balik sepeda anda, untuk menghidari lecet pada sadel dan
grips kita dapat memakai alas yang tidak terlalu keras dan empuk misal
kita dapat menggunakan matras dengan ketebalan 5mm.
Cara membalik sepeda dengan benar adalah anda berdiri di samping sepeda
pegang bagian suspensi depan (down tube) dan satu tangan memegang seat
pos (dudukan sadel). Kemudian putar secara perlahan hingga sepeda
terbalik.

3. Melepas roda depan dan belakang, buka pengencang as roda depan
dengan membukan klip pengunci jika ada, jika sepeda anda tidak
menggunakan klip, anda harus menggunakan kunci pas sesuai dengan ukuran
baut yang di gunakan sebagai pengunci as roda depan.
Untuk melepas Roda belakang, lepas pengencang as roda belakang, tarik
kebelakang sistem pemindah gigi (RD) rear derailleur secukupnya
sehingga roda belakang bisa di tarik keatas dan terlepas.

4. Membersikan sistem penggerak (rantai, gir, pedal, rear
derailleur). Siapkan sikat dan air bersabun. Mulailah menyikat RD
dengan sikat yang telah di basahi air sabun, untuk membersikan rantai
gunakan lap kain yang lembut, basahi lap tersebut dengan air sabun
putar rantai dengan memutar pedal anda kedepan sehingga rantai
berputar. Tempelkan lap pada rantai sepeda anda sehingga kotoran yang
ada menempel pada lap tadi.
Lanjutkan dengan membersikan Crank (gir depan, lengan pedal dan pedal)
dengan sikat yang sudah di basahi dengan air sabun, sikat secara merata
dan teliti sehingga semua bagian penggerak depan terkena air sabun dan
kotoran terlepas, kemudian lap dengan lap bersih.
Bersihkan pedal dan bagian sisi dalam gir dengan sikat dibasahi air sabun, lanjutkan dengan mengeringkan dengan lap bersih.

5. Membersihkan bagian bawah frame, gunakan lap kain dan air sabun.
Lap secara merata ke seluruh bagian frame, handle bar (stang depan),
bagian top tube (frame atas), dan seatways (frame belakang). Jangan
lupa membersihkan kabel pemindah gigi dan penarik rem.

6. Membersikan Sistem Roda.
Gunakan lap kain dan air sabun roda depan dan belakang, anda dapat
menggunakan cairan pembersih kotoran jika ada kotoran yang susah di
buang, misal menggunakan WD-40. Bersihkan kotoran pada as roda, hub dan
keseluruhan roda termasuk jari-jari roda.
Jika anda menggunakan cakram pada roda anda cukup sikat dengan teliti di semua bagian cakram.

7. Mengecek Sistem Roda
Pasang kembali roda depan dan belakang, pastikan klip pengenceng roda
terpasang denga baik dan dapat mengunci roda dengan sempurna. Mungkin
kita sedikit menemui kesulitan untuk memasang kembali roda belakang,
tipsnya masukan gir belakang di antara mata rantai dan tekan kebawah
sehingga dapat masuk ke dudukan roda belakang dengan sempurna, lakukan
dengan hati-hati.
Setelah semua roda terpasang cek putaran roda baik depan dan belakang
amati dengan seksama apakah goyang atau tidak, jika goyang kemungkinan
besar jari-jari roda perlu di stel ulang. Anda dapat memperbaikinya
sendiri dengan menggunakan kunci jari2 roda atau membawanya ke bengkel
sepeda.

8. Cek Sistem pengereman
Merupakan salah satu bagian fital dari sepeda ada rem, jika tidak dapat
berfungsi dengan baik keselamatan kita menjadi taruhannya. Untuk
mengecek rem roda depan berdirilah di depan sepeda anda dan tekan rem
roda depan, kemudian tarik sepeda kedepan jika frame dan roda belakang
terangkat berarti rem roda depan masih berfungsi dengan baik, jika
tidak segera ganti kampas rem depan dengan yang masih bagus.
Untuk rem roda belakang, berdirilah di depan sepeda anda dan tekan rem
belakang, jika roda depan terangkat diantara sela kaki anda kemungkinan
rem belakang masih berfungsi dengan baik, jika tidak segera cek dan
ganti kampas rem dengan yang baru.
Kedua tips untuk pengecekan sistem pengereman tersebut dapat di
terapkan baik rem dengan V brake atau dengan Disc brake. Cek semua
setelan kabel atau minyak rem (dish brake dengan oil).

9. Pelumas
Tip untuk melumasi bagian-bagian penting sepeda gunung anda adalah
bagian rantai, shifter, sistem pengerak roda depan dan belakang
(FD-RD), pedan dan lengan pedal.
Gunakan pelumas yang bagus jangan menggunakan oli bekas, gunakan cairan
pelumas yang khusus untuk rantai, banyak beredar di pasaran adalah
pelumas untuk rantai kendaran roda 2 bermotor.


sumber :www.zonasepeda.com

10 April 2010

DC2





Memo hari ini tgl. 11 April, Dari DC2 (Djarum Cycling Community-Banyuwangi seperti biasa hari minggu pagi jalan-jalan menyusuri jalan kota hingga pedesaan, kali ini masih tetap route Kalipuro (perkebunan kopi) perjalanan mulai start jam05 pagi.

Tapi pagi ini hanya mengulangi rote tsb karena ingin membiasakan dengan medan naik terjal. ya... lumayan tenaga bisa mumpuni dari minggu lalu. ok..

Untuk selanjutnya rencana minggu depan akan melewati rote jalan landai tapi menyusuri persawaan dengan jarak tempu sekitar 35 km. beda dengan rote kalipuro hanya 20 km cuma perbedaannya hanya medan naik dan landai... ok say you next prent...

Untuk yang mau ikutan silahkan daftar atau lewat facebook di Group DC2 Banyuwangi.
.

08 April 2010

DC2 Banyuwangi






Beberapa hari kemarin tepatnya minggu 28 Maret 2010, dari komunitas sepeda kami telah mengikuti Event Fun Bike ya... kebetulan fun bike tersebut disponsori oleh perusahaan tempat kerja saya.

Fun bike kali ini cukup menantang bagi komunitas sepeda kami, lokasi tepatnya di Genteng-Banyuwangi yaitu sebuah kota kecamatan yg berjarak sekitar 60Km dari kota Banyuwangi untuk kesanapun sepeda terpaksa di angkut dengan mobil. Routenya/medan yang dilalui berjarak 30 Km dan 2 Pos stampel ticket dengan waktu tempuh 3 jam, dari start ke finis yang dilaluipun nyaris 70% jalan makadam, pedesaan, terjal naik turun dan juga melewati persawahan hingga sepeda tidak dinaiki alias di tuntun saja.

Dari 30 Km tersebut yang kami lalui hanya satu bengkel yang kami temui pada route tsb dan sungguh eronisnya tidak ada penempatan bengkel gratis dari panitia, untung saja sepeda dari komunitas kami tidak lanca-lanca saja, tapi biar bagaimanapun tetap saya membawa bekal dari kunci pas, obeng, tang, kunci L. yang kami masukkan dalam tas kecil.

Semoga kegiatan fun bike kemarin menjadikan kekuatan dari komunitas saya, karena membentuk komunitas tersebut cukup kesulitan.

Sementara itu diluar kegiatan fun bike, dari komunitas saya selalu bersepeda tiap hari minggu hampir rata-rata tempu 30 KM. Makanya jarak fun bike kamarin itu tidak jadi masalah hanya medan yang terjal dan makadam itulah yang menjadi momok.
.
DC2 - Banyuwangi
.