19 November 2008

Anggur Turunkan Tekanan Darah.

BUAH anggur selama ini dikenal hanya kaya vitamin C. Namun, baru-baru ini para peneliti dari Universitas Michigan, AS, menemukan khasiat lain anggur, yakni dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan fungsi jantung.
"Temuan ini mendukung teori kami bahwa anggur memiliki dampak langsung terhadap risiko kardiovaskular," ujar Mitchel Seymour, pemimpin penelitian.
Seymour mengamati efek anggur terhadap tikus laboratorium yang mengidap tekanan darah tinggi setelah diberi makanan kaya kandungan garam. Sebagian dari tikus diberi makan bubuk anggur merah, hijau, dan ungu, serta makanan yang kaya garam, sedangkan sebagian lainnya diberi makan bubuk anggur yang sama serta makanan rendah garam.

Setelah 18 pekan, tikus-tikus yang melahap ekstrak anggur memiliki tekanan darah lebih rendah, fungsi jantung lebih baik, dan tanda-tanda kerusakan otot hati lebih sedikit ketimbang tikus-tikus yang memakan makanan kaya garam dan tanpa ekstrak anggur.
Dr Steven Boling, kepala laboratorium tempat berlangsungnya penelitian, menduga senyawa kimia flavanoid yang terdapat dalam buah anggurlah yang berperan dalam menurunkan tekanan darah. (*/Reuters/X-5)
Sumber : Media Indonesia, 03 November 2008.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Isi komentarnya ya.. tapi jangan spam lho...