01 Oktober 2009

BIKIN KEREN BATIKMU (Award From mbak Reni)


Batik adalah berasal dari bahasa Jawa yang berarti menulis atau nitik, kata batik sendiri ini adalah merujuk pada tehnik pembuatan coraknya mulai dari menulis dengan canting atau ada batik dengan system cap pada kain tertentu tergantung keinginan pada kwalitas pilihan kainnya, sedangkan aplikasi lain seperti pilihan pewarna.

Batik sendiri saat ini lebih dikenal dengan kerajinan atau pekerjaan bahkan hoby yang memiliki nilai seni yang tinggi dan memiliki jual yang tinggi pula, pada masa lampau membatik adalah pekerjaan perempuan untuk menambah penghasilan karena perempuan lebih dikenal dengan keuletannya, tetapi pada masa sekarang yang sudah modern ini, Kain baik dan sejenisnya sangat muda didapatkan khususnya pada kain batik cap yang memungkinkan pada kaum laki-laki untuk bisa bekerja di suatu perindustrian baik cap, dan sangat cepat untuk menghasilkan kain batik dalam waktu yang relatif singkat.

Batik hingga saat ini masih menjadi kekuatan tersediri pada pemakainya, karena kain batik masih di sukai sehingga banyak berbagai motif kain batik yang dijadikan pakaian para muda-mudi bahkan anak-anak. Bahkan di berbagai daerah banyak di jumpai event-event yang yang berhubungan dengan kain batik. Misalnya Fashion baju batik, atau pameran lukisan batik. Semua itu bertujuan untuk mengembangkan dan melestarikan batik supaya tidak musna.

“Bikin keren Batikmu”

Dan sebelum mudik kemarin aku sempat ada bingkisan award dari mbak reni. Yang sempat ada pengumuman pada myblog… tulisanya seperti ini..

Ayo siap-2 utk mudik.... Ohya, aku punya award yg bisa buat bekal mudik tuh.. Diambil disini mas : http://another-reni.blogspot.com/2009/09/batik-indonesia.html
Terima kasih Boeat Mbak Reni, dan bagi teman-teman yang berkeinginan membatik di Blog silahkan upload juga award dari mbak reni ini. Dan seruhkan “Bikin keren Batikmu”





Untuk mas Aziz di kota Malang, Mbak Elsa di Kota Jombang, Mbak Ajeng, juga mbak Aisha yang ada di Jedah Saudi. jangan lupakan Kain Batik ya... Enjoy With Your Batik.



Ini foto DJ Zon, yaitu Adik kandungku dan bersama kedua putriku Dj Yunior tercinta



Kalau yang ini Dj Tri... sory fotonya tidak meriah... hehehe,

yang penting Pakai Batik ya...

4 komentar:

  1. klo pengen Fotonya meriah, dikasih kembang api aja Om yang banyak khehhehehe, keren keren , hmmmmm capa lagih yah yang mau posting batik, :D , pengen liat pemiliknya :D

    BalasHapus
  2. Wah keren nih pake batik...!! Mantap nih Mas, ramai-2 pakai batik....
    Di Banyuwangi punya batik khas juga ya ?

    BalasHapus
  3. Dulu aku paling ndak seneng pakai batik bes.. tapi sekarang wis sering pakai batik karena banyak kondangan hehehehe...aku lebih seneng pakai pakaian polos bes... soale akukan orang e polos(lugu) banget hehehehe....

    BalasHapus
  4. Hallouw, salam kenal yah....

    By the way, saya sejak dulu juga gemar sekali dengan batik. Karena kebetulan mamah saya seorang penjahit, jadi saya sering sekali dibuatkan aneka macam pakaian dari bahan kain batik. Mulai dari celana pendek hingga bandana yang semua terbuat dari batik. Rasanya sejak kecil saya sudah mencintai batik dengan sepenuh hati.

    Nah, beberapa waktu yang lalu UNESCO telah menetapkan batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia non benda, hal tersebut yang membuat saya semakin gemar dan sayang sama batik. Sayang sekali saya terlahir dari daerah yang tidak memiliki tradisi membuat batik sendiri, jadi saya belum pernah punya kesempatan dan bisa membatik. Sehingga apa yang bisa saya lakukan saat ini untuk turut melestarikan batik hanya dengan membeli dan memakai batik produk dalam negeri, terutama batik hand-made atau batik tulis. Karena juga ada produk batik dari luar negeri seperti dari china, tetapi tentu saja bukan batik tulis (tapi printing) yang punya nilai seni tinggi tersebut.

    Gicu aja dulu, semoga kita semua semakin cinta dan semakin bersemangat untuk selalu membeli dan memakai produk dalam negeri....

    BalasHapus

Isi komentarnya ya.. tapi jangan spam lho...