01 April 2012

TIPS MERAWAT ACCU (2)

Tips perawatan accu kali ini yaitu perawatan total dengan membuang airnya dan mengisi ulang dengan air zuur dengan tujuan memperbaiki kwalitas kelistrikannya.

Langkah-langkah :
1.Buka tutup air accu dengan obeng minus, kemudian buang airnya ke tempat yang aman, jangan sampai terkena kulit, sebab dapat melepuhkan kulit anda.

2.Siapkan air panas lebih kurang 2 liter dan campurkan dengan deterjen 1 sendok makan serta diaduk hingga merata.

3.Siramkan air panas yang sudah bercampur dengan deterjen ke dalam lubang-lubang air accu yang sudah kosong tadi, diamkan sekitar lima menit. Lalu kocok sebentar (tutup dulu lubang-lubang air accu), jangan terlalu keras pada saat mengocok, karena bisa merusak elemen-elemen didalamnya , kemudian buang beserta endapannya. Agar penyucian ini benar-benar optimal, ulangi langkah ini hingga 3 kali.

4.Setelah itu, karena didalamnya masih terdapat sisa-sisa air sabun, maka bersihkan dengan air biasa yang bersih, lakukan seperti pada langkah no.3 sampai air deterjen hilang.

5.Sebelum diisi dengan air accu zuur, bilas dulu 1kali seperti langkah no.3, tetapi sekarang menggunakan air accu zuur.

6.Akhirnya isikan air accu zuur sesuai garis tanda batas maksimal yang tertera pada accu.dan pasang kembali pada tempatnya, hati-hati jangan terbalik antara minus & plus. Pada mulanya accu anda masih lemah, usahakan menjalankan kendaraan anda setiap hari agar penyetruman (recharging) optimal. Atau anda dapat menggunakan jasa penyetruman diluar, harganya relatif murah.

pekerjaan ini secara langsung bisa menekan dana pengeluaran anda dan andapun mendapatkan ilmu perbengkelan.

2 komentar:

  1. salam gan ...
    menghadiahkan Pujian kepada orang di sekitar adalah awal investasi Kebahagiaan Anda...
    di tunggu kunjungan balik.nya gan !

    BalasHapus
  2. Kang, apa perawatan ini juga berlaku di aki kering (bebas perawatan?) Nuhun

    BalasHapus

Isi komentarnya ya.. tapi jangan spam lho...